Pengertian,Langkah-Langkah,Dan Sikap Metode Ilmiah


Hai...man teman bertemu lagi nih....cari tugas ya.....ya kalo lagi cari tugas tentang Metode Ilmiah..anda berada pada halaman yang tepat.....kali ini kita akan mempelajari kegiatan/pekerjaaan dari seorang profesor..Nah,pasti yang sedang membaca adalah calon profesor ni...Amiin..Ya udah kalo begitu kita mulai aja pembelajaran bersamanya.

METODE ILMIAH


Metode Ilmiah adalah metode tertentu untuk menemukan jawaban dari suatu pertanyaan .Dan hasil jawaban ditulis dalam metode tertentu yang dinamakan Laporan Ilmiah.Biasanya para ilmuan memecahkan masalah yang dihadapi menggunakan metode ilmiah.

Metode Ilmiah diperlukan dalam melakukan suatu penelitian untuk memperoleh hasil penelitian yang baik dan dapat dipertnggung jawabkan Tidak mungkinkan..?kalau melakukan penelitian tanpa ada langkah-langkah nya,,?Nah,berikut ini adalah langkah-langkah metode ilmiah.Simak baik-baik ya...

LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH:


    A.  Pemilihan Masalah

Sebelum melakukan penelitian,seorang peneliti harus mengidentifikasi masalah dan melakukan study pendahuluuan.Masalah dapat muncul secara sengaja.Seperti,seorang dokter ingin menguji dosis obat yang tepatuntuk mengobati suatu penyakit.Adapun masalah yang muncul secara tidak sengaja.Seperti,Tanaman yang tumbuh dekat kandang sapi tampak lebih subur diandingkan tanaman yang tumbuh  di tempat lain.Masalah juga dapat anda temukan melalui study pustaka dari berbagai referensi.Sumber masalah juga dapat ditemukan melalui pengamatan langsung di lapangan.

    B.  Perumusan Masalah

Masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan atau dipecahakan.Tujuan dari merumuskan masalah adalah untuk memperjelas batasan masalah yang akan dipecahkan.Biasanya rumusan masalah diawali dengan kata tanya seperti apa,mengapa,dan bagaimana.Contohnya: mengapa tanaman yang disiram secara teratur lebih subur dari pada tanaman yang tidak pernah disiram?

C.  Pengumpula Keterangan

Pengumpulan keterangan dapat dilakukan dengan study referensi berupa teori, konsep, dan hasil penelitian yang sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan.Segala informasi yang mengarah dan dekat dengan pemecahan masalah dapat digunakan untuk memperoleh jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan.

D.  Penyusunan Hipotesis

Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan yang diperoleh berdasarkan data atau keterangan selama observasi atau study pustaka.


E. Pengujian Hipotesis

Pengujian hipotesis dapat dilakukan melalui eksperimen atau penelitian.Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan peelitian yaitu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukanselama penelitian serta menentukan kelompok-kelompok penelitian.Terdapat 2 macam kelompok penelitian yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.Kelompok Kontrol adalah kelompok yang tidak diberi perlakuan.Sedangkan Kelompok Perlakuan adalah kelompok yang diberi perlakuan tertentu.

Kelompok perlakuan dapat diberi satu atau beberapa variabel.Variabel merupakan vaktor yang berpengaruh dalam suatu penelitian dan memiliki nilai yang dapat diubah. Variabel dalam penelitian antara lain:
1)Variabel Bebas         :Variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam suatu penelitian
2)Variabel Kontrol      :Variabel yang dibuat sama dalam suatu penelitian.
3)Variabel terikat        :Variabel yang muncul karena adanya variabel bebas.

F. Pengolahan Data

Data diperoleh dari hasil eksperimen.Dan dapat dibedakan menjadi 2:
1)Data Kualitatif
            Data yang tidak disajikan dalam bentuk angka,tetapi disajikan dalam bentuk deskripsi.Contoh:Data perbedaan kondisi dan warna batang kecambah kacang hijau di tempat terang dan tempat gelap.
2)Data Kuantitatif
            Adalah kebalikan data kualitatif.Data yang disajkan dalam bentuk angka.
Contoh:Data hasil pengukuran tinggi batang kecambah.

Data kuantitatif harus diolah dalam bentuk tabel,grafik atau diagram.Sehingga mudah dipahami.Selanjutnya,hasil olahan data tersebut dibandigkan dengan teori,fakta,dan konsep yang ada dalam study referensi.

G.  Pengambilan Kesimpulan.

Kesimpulan mengacu pada hasil penelitian yang diakukan.kesoimpulan dapat mendukung atau tidak mendukung hipotesis yang dibuat.Jadi,terdapat 2 kemungkinan dalam pengambilan kesimpulan yaitu kemungkinan hipotesis diterima atau kemungkinan hipotesis ditolak.

SIKAP ILMIAH

Tentunya dalam melakukan langkah-langkah penelitian metode ilmiah,seorang ilmuan atau peneliti harus memiliki kriteria sikap ilmiah setandar penelitian.Apa sajakah sikap ilmiah itu..?Penasaran..?Mari kita belajar tentang sikap ilmiah:


1.  Mampu Membedakan Opini Dan Fakta
Opini adalah keterangan yang belum tentu kebenaranya(Samar-Samar/Suram).Adapun Fakta adalah hasil penelitian yang sudah dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.Seorang peneliti dituntut dapat membedakan yang mana opini dan yang mana fakta agar hasil penelitianya tepat dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

2.  Memiliki Rasa Ingin Tahu
Peneliti yang baik itu harus selalu berusaha memperluas pengetahuan dan waasanya. Keingintahuan seorang peneliti terhadap suatu hal yang sangat bermanfaat dalam penemuan sebuah teori,konsep,maupun fakta.

3. Peduli Lingkungan
Tentunya.Ini Biologi Bro...Mempelajari tentang lingkungan sekitar kita.Jadi,seorang peneliti harus memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sehingga penelitian yang dilakukan tidak merusak lingkungan. 

4. Jujur Terhadap Fakta
Sebenarnya ini adalah sikap yang paling penting untuk dimiliki oleh seorang peneliti. Karena apabila seorang peneliti memnipulasi data yang diperolehya karena data yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan,maka akan berdampak buruk untik masa depan.

5.  Terbuka Dan Fleksible
Seorang peneliti harus bersifat terbuka yang diwujudkan dalam sikap mau menerima kritik dan saran dari orang lain.Selain itu seorang peneliti harus terbuka dalam menyampaikan hasil penelitianya.

6. Berani Mencoba
Diawali dari Rasa Ingin Tahu(No.2) seorang peneliti harus berani mencoba.Dengan demikian,seorang peneliti dapat menemukan jawaban dari pertanyaan/masalah yang ada di pikiranya.

7. Berpendapat Secara Ilmiah Dan Kritis
Seorang peneliti harus dapat mengemukakan pendapatnya dengan dasar ilmiah dan tidak mengada-mengada tanpa bukti yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

8. Bekerja Sama
Pada saat melakukan sebuah penelitian,seorang peneliti harus mampu bekerja sama dengan orag lain sehingga penelitian dapat dilakukan dengan baik dan hasil yang memuaskan.

9.  Ulet Dan Gigih
Apabila seoeang peneliti mengalami kegagalan dalam melakukan penelitian,pantang baginya untuk berputus asa.Penelitian yang gagal tersebut harus dianalisis sehingga ditemukan penyebab kegagalan tersebut.Dengan demikian,dapat menjadi perbaikan untuk penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.

10.  Bertanggung Jawab
Seorang peneliti harus mempertanggungjawabkan kebenaran dari hasil penelitianya.Selain itu keselamatan tim dan keselamatan lingkungan juga menjadi tanggung jawabnya.

3. Laporan Ilmiah

Hasil penelitian perlu dikomunikasikan kepada publik sehingga mendatangkan manfaat dan mendapat masukan yang berguna untuk perbaikan hasil penelitian atau penelitian relevan di masa mendatang.Hasil penelitian dikomunikasikan dalam bentuk laporan,makalah,ataupun jurnal.Penulisan hasil penelitian harus mempunyai komponen-komponen berikut:
1. Judul Laporan.
2. Prakata,Berisi ucapan rasa syukur karena penelitian sudah selesai dan ucapan terimakasih kepada pihak yang membantu menyelesaikan penelitian.
3. Daftar Isi
4.  Pendahuluan,Berisi latar belakang penelitian,rumusan masalah,dan tujuan penelitian.
5.  Tinjauan pustaka,berisi teori-teori yang berkaitan dengan topik penelitian dan hipotesis.
6.  Metode penelitian,brisi cara kerja,alat dan bahan,waktu,tempat,serta cara pengambilan data yang digunakan dalam melaksanakan penelitian.
7.  Hasil dan pembahasan,berisi data dan fakta yang diperoleh selama penelitian serta pengolahan data dan analisis  terhadap hasil penelitian.
8.  Kesimpulan,berisi ringkasan dari keseluruhan hasil penilitian.
9.  Daftar pustaka,berisi sumber-sumber yang digunakan sebagai acuan dalam menunjang penelitian.
10.  Lampiran,berisi tabel,grafik,dan gmbar yang mendukung penelitian.

Kurang lebihnya itulah penjelasan pada hari ini,,jika ada kesalahan,kritik,dan saran mohon jangan sungkan-sungkan untuk komen di kolom komentar....Agar jikka ada kesalahan dalam sedikit imu diatas, tidak terjadi lagi pada pembaca selanjutnya....Sekian Terimakasih.........

Salam Admin (Si Pelajar Jadi-Jadian).

Komentar