Keanekaragaman Hayati di Indonesia



Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Hai teman teman...topik pembahasan kali ini adalah Keanekaragaman Hayati Di Indonesia. Seperti yang sudah saya jelaskan pada post sebelumnya Keanekaragaman Hayati Pada Makhluk Hidup. Hanya saja kali ini kita akan memfokuskan nya hanya untuk daerah Indonesia saja. Kita tahu kan bahwa negeri kita ini adalah negeri yang amat kaya akan keanekaragaman hayati. Karena negeri kita memiliki banyak sekali jenis flora dan fauna. Yang merupakan ciri ciri dari tingginya keanekaragaman hayati di suatu negara. Jadi, Semakin tinggi keanekaragaman hayati di suatu negeri, maka semakin kaya pula keanekaragaman hayati negeri tersebut.

Oke..kita memang memiliki banyak sekali jenis flora dan fauna di negeri tercinta ini. Tapi, apa kalian tahu setiap flora dan fauna berasal dari daerah atau pulau mana.? Untuk memudahkan kalian, maka para ahli zoologi membagi penyebaran flora dan fauna Indonesia ke dalam beberapa wilayah yang memiliki ciri ciri fauna Indonesia yang berbeda di setiap wilayahnya.

Dengan memiliki kekayaan ini. Kita tidak hanya membuktikan bahwa negeri kita amat kaya. Namun kita juga dapat merasakan manfaat dan nilai keanekaragaman hayati. Tentunya dengan memanfaatkan keanekaragaman hayati dengan sewajarnya (tidak berlebih lebihan) karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik..benar tidak..?

Aktifitas manusia juga sangat berpengaruh dalam kelangsungan keanekaragaman hayati. Oleh karenanya kita sebagai manusia harus berhati hati dalam melakukan aktifitas. Karena tanpa kita sadari, jika aktifitas kita dapat berpengaruh pada keanekaragaman hayati. Aktifitas manusia yang mempengaruhi keanekaragaman hayati.

Namun, tanpa kita sadari jika keanekaragaman hayati di Indonesia semakin menurun bersamaan dengan perkembangan zaman. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah mulai melancarkan upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan banyak cara. Untuk mengurangi bahkan memperbaiki kerusakan/penurunan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Buah nangka buah durian
Rasanya enak banyak yang mau
Sekian dulu teman teman
Kutunggu kau dilain waktu

Wabilahitaufiq wal hidayah
Wassalam'alaikum. Wr. Wb.

Komentar